STUDI KELAYAKAN PASAR HEWAN

DSC02243 A

STUDI KELAYAKAN PENDIRIAN PASAR HEWAN MODERN DI KABUPATEN TEMANGGUNG JAWA TENGAH

(Dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung Jawa Tengah)

Oleh :

Edy Prasetyo, Wahyu Hidayat, Bambang Supriyadi, Abdul Rosyid, Titik Ekowati

RINGKASAN

Studi Kelayakan Pendirian Pasar Hewan Modern di Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah (2007).  Kegiatan ini merupakan Penelitian Studi Kelayakan, yang secara keseluruhan dilaksanakan pada Juli 2007 – Desember 2007.  Adapun tujuan kegiatan ini, ialah : (i) Mengkaji permasalahan, potensi dan kondisi eksisting yang dihadapi para petani ternak dalam melakukan penjualan/pemasaran maupun pembelian ternak; (ii) Menghitung dan mengetahui potensi ekonomis usahatani ternak, berdasarkan konsep pendapatan dan profitabilitas usahatani; (iii) Membuat konsep/model sistem pemasaran ternak yang mampu menciptakan transparansi dalam hal jenis ternak, bobot, kualitas, umur dan harga ternak, berdasarkan sistem lelang; (iv) Membuat site plan pembangunan pasar hewan modern; (v) Merumuskan model sistem pemasaran ternak modern terpadu yang mampu mengintegrasikan keterkaitan ke belakang (backward linkage) dan kaitan ke depan (forward linkage); (vii) Melakukan pendekatan aspek lingkungan dalam rangka mengetahui tingkat dukungan terhadap pendirian pasar hewan modern. Metode pendekatan yang digunakan ialah metode survai, analisis data primer dan data sekunder, partispasi aktif.

Hasil kegiatan studi : (i) Kabupaten Temanggung merupakan wilayah yang sesuai untuk pengembangan ternak; (ii) Eksistensi usahatani ternak pada umumnya masih diusahakan dengan orientasi sebagai usaha sampingan;  (iii) Teknologi tatalaksana yang diterapkan pada usahatani ternak, pada umumnya masih bersifat tradisional, dengan skala pemilikan yang kecil serta jenis ternak merupakan ternak lokal; (iv) Sebagian besar petani ternak belum memanfaatkan eksistensi pasar hewan sebagai media pemasaran ternaknya; (v) Terdapat berbagai pola pemasaran ternak (khususnya ternak sapi), namun pola I {petani ternak produsen à pedagang (blantik) à pasar ternak à pedagang (blantik) à petani ternak konsumen}, merupakan pola pemasaran yang dominan; (vi) Sistem pemasaran ternak secara rutin (setiap hari pasaran kliwon di pasar hewan Temanggung dan pasaran legi di pasar hewan Ngadirejo) pada saat ini masih bersifat tradisional;  (vii) Tingkat pendapatan pada usahatani ternak sapi potong, sapi perah, kambing dan ternak domba masing-masing mempunyai nilai positif, dengan profitabilitas secara berurutan sebesar 42,81 %, 184,08 %, 91,60 % dan 74,12 %; (viii) Pemasaran ternak menggunakan sistem lelang merupakan sistem yang sesuai diterapkan untuk meningkatkan posisi dan kekuatan tawar petani; (ix) Rencana pendirian pasar hewan modern di Desa Catur Anom, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, merupakan pasar hewan yang mengakomodasikan fasilitas utama dan fasilitas penunjang pasar hewan secara lengkap; (x) Pengembangan Sistem Pasar Hewan Modern dengan pendekatan Backward linkage, Pasar Hewan dan Forward linkage dimaksudkan untuk meningkatkan kegunaan atas utilitas yang menjadi konsep model pasar tersebut;  (xi) Ditinjau dari sisi tanggapan, sikap dan persepsinya masyarakat terhadap rencana pendirian pasar hewan modern pada prinsipnya menyatakan setuju dan mendukung, dengan catatan : tetap harus memperhatikan kaidah ramah lingkungan, ekosistem mata air, khususnya melalui aliran Sungai galeh harus tetap dijaga kelestariannya, dapat menciptakan multiplier effect yang positif terhadap perekonomian wilayah, bila terjadi aktivitas pembebasan lahan, maka dalam penerapan ganti-rugi harus di dasarkan pada kaidah kelayakan (sesuai mekanisme pasar), pembangunan pasar hewan modern agar diantisipasi jangan sampai merugikan masyarakat, khususnya petani ternak, dan bila timbul dampak negatif maka diperlukan eksistensi mitra kerja di lingkungan masyarakat yang berperan sebagai fasilitator.

Kata Kunci : Studi kelayakan, pemasaran ternak, site-plan, pasar hewan.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: